Padang – Bank Nagari meraih penghargaan lomba Giat Edukasi Meningkatkan Akseptasi Quick Response Code Indonesia Standar (GEMA QRIS) Tahun 2023.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat Endang Kurnia Saputra kepada Pjs Direktur Utama Bank Nagari Gusti Candra pada 22 Februari 2024.
Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat menilai Bank Nagari merupakan salah satu perbankan terbaik dalam layanan transaksi digital di Sumatra Barat.
QRIS Nagari dinilai berperan aktif dalam meningkatkan transaksi non tunai di Provinsi Sumatra Barat. Merchant QRIS Bank Nagari pada tahun 2023 mencapai 36.840 merchant. Jumlah ini meningkat 9.484 merchant dari tahun 2022.
Kemudian, outlet QRIS Bank Nagari pada tahun 2023 mencapai 38.000 merchant, meningkat 9.805 merchant dari tahun 2022.
Bank Indonesia Sumatera Barat memasang target tinggi untuk penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di tahun 2024. BI menargetkan 147 ribu pengguna QRIS baru dengan volume transaksi mencapai 12,3 juta.
Pada tahun 2023, BI Sumbar berhasil mencatatkan 308 ribu pengguna QRIS baru dan 8,2 juta volume transaksi. Capaian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun 2022.
Endang Kurnia Saputra (Adang), mengatakan bahwa target 2024 merupakan penugasan dari pusat untuk meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong transaksi digital di Sumbar.
BI menargetkan sektor pariwisata, termasuk UMKM oleh-oleh, transportasi, dan akomodasi, menjadi fokus utama dalam perluasan QRIS.