Sumbarkita – TikTok Shop resmi kembali beroperasi lagi di Indonesia. Layanan aplikasi video singkat asal China itu menggandeng e-commerce lokal untuk dapat kembali melayani transaksi jual beli online.
TikTok akhirnya mengumumkan soal kerjasama dengan raksasa teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) untuk masuk ke platform e-commerce, dengan menggandeng Tokopedia untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Dalam kesepakatan tersebut, TikTok akan berinvestasi sebesar USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,4 triliun di PT Tokopedia.
“Melalui kerja sama ini, TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” demikian diumumkan perusahaan, Senin (11/12).
Keduanya akan fokus pada pemberdayaan, serta perluasan pasar bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional.
“Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GOTO dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia,” kata manajemen GOTO dalam keterangan resminya.
Selain manfaat bagi para pelaku UMKM, TikTok dan GOTO mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM.