SUMBARKITA.ID — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Bank Nagari Cabang Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, memfasilitasi penukaran uang baru bagi masyarakat dan nasabahnya. Layanan tersebut mulai dibuka pada 11 sampai 14 April 2023 di Counter Teller pada kantor Bank Nagari setempat.
“Kami menyiapkan lembaran uang baru senilai Rp5,5 miliar untuk bisa ditukarkan nasabah dalam menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah, mulai dari pecahan Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, Rp20 ribu, Rp50 ribu dan Rp100 ribu,” ucap Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Helfiyanrika, Senin (10/4/2023).
Helfi menyebut, bagi masyarakat atau nasabah yang ingin mendapatkan uang tunai pecahan baru bisa datang langsung ke kantor Bank Nagari terdekat sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Namun demikian, ia mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap sejumlah penipuan yang bakal terjadi.
“Meningkatnya permintaan dan kebutuhan pecahan uang kecil jelang lebaran nanti, tak jarang pula dimanfaatkan oleh sebagian oknum untuk mencari keuntungan dengan membuka jasa penukaran uang baru di pinggir-pinggir jalan. Meski tidak dilarang, tapi praktik seperti ini bisa berpotensi munculnya uang palsu,” ujarnya.
Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat atau nasabah agar menukarkan uang di tempat-tempat resmi untuk menghindari terjadinya penipuan.
“Potensi munculnya uang palsu selalu ada. Jadi, kepada masyarakat harus tetap waspada, silahkan tukarkan uang pada kas resmi Bank Nagari,” ucapnya lagi.
Selain itu, untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap nasabah, Bank Nagari Cabang Painan juga telah membentuk satuan tugas khusus untuk kelancaran transaksi melalui mesin ATM.
“Tujuannya agar selama libur lebaran nasabah masih bisa bertransaksi melalui mesin ATM dan Mobile Banking. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir soal ketersedian uang jelang libur lebaran tahun ini,” tuturnya.
Selain itu, Helfi mengingatkan agar setiap nasabah Bank Nagari lebih mewaspadai dan mengecek kebenaran setiap informasi yang mengatasnamakan Bank Nagari. Baik itu melalui SMS, WhatsApp, telepon ataupun media sosial.
“Kami mengingatkan kepada nasabah agar tetap berhati-hati terhadap penipuan. Apabila ada informasi yang mengatasnamakan Bank Nagari ataupun masalah dengan transaksi, nasabah kami dapat menghubungi kontak Bank Nagari di telepon 150234,” katanya. ***