SUMBARKITA.ID – Ribuan warga memadati area GOR Agus Salim Padang menyaksikan Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) tahun 2022, Senin (28/11/2022). Hari ini merupakan puncak kegiatan yang dihelat oleh Bank Indonesia Wilayah Sumbar bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar tersebut.
Pada hari terakhir ini, Minang CrEFt 2022 dimeriahkan dengan Pameran UMKM, Lomba Kuliner Kreatif Khas Daerah, Lomba Desain Kreatif Tenun Minang, Temu Responden bersama Andy F Noya serta penampilan dari penyanyi Minang Adim M.F.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumbar Wahyu Purnama mengapresiasi antusiasnya peserta dan pengunjung Minang CrEFt 2022. Dirinya berharap kegiatan ini memberi semangat baru kepada masyarakat untuk menyongsong masa depan sekaligus memajukan perekonomian Sumbar menjadi lebih baik.
“Terima kasih banyak atas segalanya, mohon maafkan atas segala kekurangan-kekurangan, mudah-mudahan event ini memberikan manfaat yang besar untuk ekonomi Sumatera Barat,” kata Wahyu.
Ia berharap kegiatan tersebut tidak berhenti sampai di sini, namun tetap dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya.
“Kami mengharapkan Minangkabau Creative Festival menjadi festival tahunan, menjadi festival ikonik. Sumatera Barat belum punya event yang besar, kalau bisa ini akan terus kita gelar. Mudah-mudahan ini bisa menjadi event pariwisata yang juga bisa dikenal di seluruh Indonesia,” harap Wahyu.
Seperti diketahui, Minang CrEFt 2022 mengusung tema ‘Sinergi & Kolaborasi dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Sumatera Barat, Dari Kito Untuak Kito Basamo’ dan digelar selama 3 hari, 26-28 November 2022.
Kegiatan Minang CrEFt merupakan bentuk dukungan dalam menyongsong Visit Beautiful West Sumatera 2023 (VBWS) yang telah dicanangkan oleh Pemprov Sumbar, Bank Indonesia dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumbar.
Kegiatan tersebut juga sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi Sumbar dan akselerasi program Pemulihan Ekonomi Nasional melalui pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif sebagai salah satu ekosistem penunjang pariwisata. ***