Sumbarkita – Realme mencatatkan pertumbuhan penjualan signifikan di Sumatera Barat (Sumbar) dalam setahun terakhir. Dengan menyasar segmen anak muda, produk-produk Realme kian diminati berkat kombinasi harga terjangkau dan performa mumpuni, khususnya untuk kebutuhan gaming dan aktivitas digital lainnya.
“Pertumbuhan penjualannya lumayan cepat di Sumbar. Sekarang beli handphone bukan sekadar buat komunikasi, tapi juga buat game dan kebutuhan sehari-hari,” ujar Manajer Retail Realme Area Sumbar, Rendy Ardinata, di toko pusat Realme Sumbar, Jalan S. Parman, Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Padang, Jumat (11/4).
Rendy menyebutkan bahwa tren pembelian ponsel Realme meningkat tajam terutama selama Ramadan dan Lebaran 2025. Meskipun tidak bisa menyebut angka pasti, Rendy mengatakan bahwa penjualan Realme telah menembus ribuan unit.
“Yang jelas peminat Realme tidak mengalami penurunan,” ucapnya.
Rendy menginformasikan bahwa dua tipe Realme yang sedang digemari ialah Realme C75 dan Realme 13 5G Series. Ia menjelaskan bahwa Realme C75 unggul karena mampu bertahan di dalam air hingga dua jam. Menurutnya, ponsel itu cocok untuk anak muda yang ingin mengabadikan momen berenang. Sementara itu, kata Rendy, Realme 13 5G menyasar para gamers dengan refresh rate hingga 120Hz, dan performa yang mumpuni untuk game popular, seperti Mobile Legends dan Honor of Kings.
“Realme 13 5G ini pernah dipakai sama Jess No Limit juga. Makanya, banyak gamers yang akhirnya beralih ke tipe ini,” tuturnya.
Kunci sukses: spek oke, harga terjangkau
Menurut Rendy, karakteristik pasar di Sumbar sangat spesifik. Ia mengatakan bahwa mayoritas konsumen menginginkan ponsel dengan performa tinggi, tapi tetap ramah di kantong.
“Pokoknya harganya terjangkau, speknya bagus. Kami punya produk dengan harga di bawah Rp2 juta. Rp1,5 juta juga ada. Jadi, market kami naiknya di situ,” ucapnya.
Untuk memasarkan produk, Rendy mengatakan bahwa Realme memperkuat tim lokal dengan lebih dari 100 karyawan di Sumbar dan menjalin kerja sama erat dengan dealer-dealer setempat.
“Mereka benar-benar support dari awal. Kami juga dukung mereka dengan materi promosi, neonbox, brosur, sampai iven-iven lokal,” ujarnya.