Sumbarkita – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat (Sumbar) memulai pembangunan gedung baru Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) Balai Salasa melalui peresmian peletakan batu pertama pada Kamis (15/5) di Pesisir Selatan. Pembangunan itu menjadi wujud nyata komitmen PLN dalam meningkatkan layanan kelistrikan yang lebih andal dan profesional bagi masyarakat.
Acara peletakan batu pertama dihadiri oleh General Manager PLN UID Sumbar Ajrun Karim, Direktur Utama PT Sinergi Properti Pratama (SPP) Bambang Sutanto, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UID Sumbar Bambang Santoso, Senior Manager Perencanaan PLN UID Sumbar Faisal Risa, Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang Dian Widiana Kuswara, serta Manajer ULP Balai Salasa Hendra Prianto.
General Manager PLN UID Sumbar, Ajrun Karim, menuturkan bahwa gedung baru itu menggantikan kantor sebelumnya yang terdampak kebakaran pada 2022. Ia mengatakan bahwa pembangunan itu menjadi simbol kebangkitan dan semangat baru PLN untuk terus menghadirkan layanan kelistrikan yang prima dan andal. Pihaknya menargetkan untuk menyelesaikan proyek itu selesai enam bulan.
“Peletakan batu pertama ini bukan sekadar awal pembangunan fisik, tetapi juga tonggak penting dalam membangun kembali semangat dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan PLN. Kami ingin ULP Balai Salasa menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan terbaik,” ujar Ajrun Karim.
Manajer UP3 Padang, Dian Widiana Kuswara, mengatakan bahwa kantor ULP yang representatif akan memperkuat efektivitas pelayanan di lapangan. Pihaknya menyambut baik pembangunan itu sebagai langkah maju dalam meningkatkan kenyamanan pelanggan dan kinerja pegawai.
Sementara itu, Direktur Utama PT Sinergi Properti Pratama, Bambang Sutanto, menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung penuh pembangunan kantor ini dengan kualitas terbaik dan tepat waktu.
“Bagi kami, ini bukan hanya proyek konstruksi, tapi juga amanah untuk membangun kembali harapan dan kepercayaan publik. Pembangunan akan dilakukan secara profesional, aman, dan sesuai harapan PLN serta masyarakat,” ucap Bambang.
Sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, rangkaian acara turut diisi dengan penyerahan bantuan sosial kemanusiaan dari Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP3 Padang kepada 25 anak. Bantuan itu menjadi cerminan semangat berbagi dan harapan agar proses pembangunan berjalan lancar dan membawa manfaat yang lebih luas.
Melalui pembangunan kantor baru itu, PLN menunjukkan langkah nyata menuju transformasi layanan kelistrikan yang lebih tangguh, profesional, dan makin dekat dengan masyarakat.