Sumbarkita — PLN kembali hadirkan promo tambah daya listrik dengan potongan biaya sebesar 50 persen, hemat hingga maksimal Rp3 jutaan. Program bertajuk “Bangkit Lebih Terang” itu berlangsung sejak Sabtu (10/5) dan berakhir dua pekan setelahnya, yaitu pada Jumat (23/5).
Program promo diperuntukkan bagi pelanggan tegangan rendah seluruh golongan tarif satu phasa yang telah menjadi pelanggan PLN sebelum 1 Mei 2024. Pelanggan dengan daya minimal 450 Volt Ampere (VA) hingga 5.500 VA dapat melakukan tambah daya hingga batas maksimal 7.700 VA.
Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar, Hery Kurniawan Indarto, mengatakan, program tambah daya kali ini hadir semarakkan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2025.
“Semoga program ini berdampak maksimal untuk memenuhi kebutuhan tambah daya seluruh pelanggan PLN di Sumatera Barat yag memerlukan,” ucapnya.
Hery menjelaskan bahwa pelanggan PLN di Sumatera Barat berjumlah lebih dari 1,7 Juta pelanggan. Ia menyebut bahwa mayoritas pelanggan tersebut merupakan pelanggan rumah tangga dengan daya tegangan rendah antara 450 VA sampai dengan 5.500 VA.
PLN UID Sumbar, kata Hery, menyambut baik meningkatnya adaptasi teknologi dan gadget pelanggan rumah tangga di Sumbar, yang ditandai dengan semakin tingginya konsumsi listrik. Karena itu, katanya, program itu sesuai dengan harapan masyarakat dan menjawab kebutuhan masyarakat.
“Selain dukungan untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk berbagai aktivitas dengan biaya yang lebih terjangkau, program ini juga bentuk apresiasi PLN kepada pelanggan setia,” tutur Hery.
Hery mengatakan bahwa bagi pelanggan yang hendak melalukan tambah daya melalui program ini, pelanggan diinformasikan untuk melakukan transaksi kelistrikan terlebih dahulu melalui aplikasi PLN Mobile. Pelanggan prabayar dapat dengan melakukan pembelian token, sementara pelanggan pascabayar dapat dengan membayar tagihan listrik.
Setelah transaksi berhasil, pelanggan akan menerima e-voucher diskon tambah daya yang dapat diakses melalui fitur “Reward” di aplikasi PLN Mobile atau melalui email pelanggan yang terdaftar.
E-voucher inilah yang kemudian dapat digunakan pada permohonan tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile. PLN UID Sumbar menjamin, program dapat diakses dengan mudah dan cepat.
“Setelah pembayaran permohonan tambah daya dilakukan, petugas kami akan segera datang ke lokasi pelanggan untuk melakukan pemasangan daya baru. Mari lakukan tambah daya sekarang, sebelum masa program berakhir,” ujar Hery.*